Semua tentang Pilihan

by - 12:55 PM

Happy Monday!! :)
Pagi tadi dapet notif dari facebook, ternyata udah jatahnya grup 3 untuk Collaborative Blogging. Awalnya masih agak bingung sih mau nulisnya kayak gimana, tapi dicoba saja lah yaa.. :) Nah, ini tanggapan saya tentang tulisan Menikmati Keterbatasan yang ditulis oleh Mira Sahid.. :) 
Sebenarnya, sudah sejak lama hal ini menjadi perbincangan para wanita, terutama wanita yang sudah menikah. Banyak alasan dan tanggapan mengenai working mom dan stay at home mom. Aku pun pernah berpikir lama tentang hal ini. Bagi saya, semua akan kembali pada pilihan masing-masing. Lepas dari berbagai tanggapan dan kritik, dua profesi itu tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Baru saja kemarin aku share sebuah ulasan panjang tentang sebuah postingan yang bisa dibilang cukup 'nyinyir' (*baca aja captionnya di atas*). Bagaimana tidak, postingan tersebut menurut saya agak menyudutkan ibu-ibu yang hanya berada di rumah, mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan keberlangsungan keluarganya. Padahal sejatinya tidak seperti itu. Semua tetap ada sisi baik dan buruknya. Dari sudut pandangku, working mom itu baik, istimewa malahan. Iya istimewa, karena sebenernya kita sudah tahu kan kalau yang mempunyai kewajiban mencari nafkah itu suami. Lha ini istri masih sukarela mau bantuin suami cari nafkah. Hebat kan? :) Ya, meskipun pada kenyataanya, ada satu kondisi yang memang mengharuskan istri ikut turun tangan mencari nafkah untuk keluarga.
Nah, beda lagi sama stay at home mom. Mungkin memang banyak yang menilai kalau ibu-ibu yang hanya berada di rumah alias full ibu rumah tangga itu kerjaannya yang 'cuma' itu-itu aja. Gak ada perkembangan apa-apa. Bawaannya juga jadi bosenan. Kadang juga malah kudet. Padahal sebenarnya gak kaya gitu lho. Banyak juga sisi positifnya jadi ibu rumah tangga yang full stay at home. Dari berbagai buku yang pernah kubaca, pahala istri itu akan tetap mengalir meskipun hanya mencucikan baju sang suami dan anak. Pernah denger juga kan kalau suami dan istri saling bercanda aja pahalanya mengalir deras, apalagi ini macem-macem kerjaannya di rumah. Duh, ga kebayang pahala yang bakalan numpuk.. *ehh.. :D Apalagi kalau udah ada anak di rumah, pasti seneng banget bisa liat perkembangan anak dari hari ke hari. Bisa juga liburan kapanpun dan kemanapun tanpa harus ngajuin izin cuti ke atasannya, paling juga cuma izin ke suami kalau ingin jalan-jalan. Hehe... Nah, selain itu kita juga tetep bisa kembangin hobby kita dari rumah. Ada loh yang awalnya fully mom at home kini justru jadi womenpreneur. Sebenernya banyak banget sisi baiknya..
Tapi tetep aja semua kembali ke masing-masing orangnya. Setiap hal yang kita pilih akan memiliki konsekuensi yang berbeda-beda. Jadi akan lebih baik bagi kita untuk saling mendukung pilihan setiap ibu-ibu rumah tangga. Bukan justru saling menjatuhkan, karena bagaimanapun juga, pilihan yang diambil sudah tentu dipikir masak-masak oleh setiap ibu... :)

You May Also Like

0 comments

Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. ALhamdulillah