Tidak semua Keinginan Anak harus dipenuhi

by - 10:02 AM


Beberapa hari yang lalu, budenya Rayyan bawa pulang anak kucing yang imut banget. Kucing itu adalah anak kucing liar yang ada di pasar Borobudur. Kasian banget liatnya, mana banyak kutunya lagi. Dan pas liat kucingnya, Rayyan girang banget dan minta dibawa pulang ke rumah.

Alhasil ibuk harus mandiin dulu itu anak kucing yang dikasih nama "Loli". Rayyan itu sama kayak ibuk. Suka banget sama kucing. Tapi sayangnya, bapaknya Rayyan ngga suka kucing. Karena sebelum ada si Loli ini, Rayyan pernah pelihara kucing juga. Kucing biasa, namanya "Ucil". Udah manut banget itu si Ucil, tapi makin kesini makin ngelunjak dia. Dan sempet peep beberapa kali di kasur. Ibuk mau marah, masa juga marah sama kucing. Akhirnya kucingnya dibawa pergi sama mbahkung.

Nah, si Loli ini akhirnya cuma betah 2 hari aja di rumah. Di hari ke tiga, Loli dibalikin lagi ke rumah bude. Dan Rayyan pun mau dikasih pengertian untuk main-main sama Loli di rumah bude aja. Alhamdulillah...

Lagi-lagi, kita sebagai orang tua harus bisa ajak komunikasi anak dengan cara memberikan penjelasan ke anak, kenapa nggak boleh piara kucing di rumah? Oh, karena takut nanti kayak Ucil dulu, peep di kasurnya adek. Gitu misalnya.

Atau ada kasus lain, misalnya kenapa nggak boleh makan ice cream pas anak lagi batuk pilek. Oh, nanti adek nggak sembuh-sembuh sakitnya. Besok kalo udah sembuh boleh deh makan ice cream lagi. Nah, kalo begini kan anak jadi paham alasan orang tuanya melarang makan ice cream pas lagi batuk pilek.

Sebelum memberikan penjelasan, ada baiknya kita ajarkan anak untuk berempati dulu. Gimana caranya?  Misalnya tentang larangan makan ice cream tadi yah. 
*Simulasi*
Rayyan nangis kejer gara-gara nggej dibolehin beli es krim pas dia batuk pilek.
"Adek pengen eskrim... Huhuhu"
"Pengen eskrim banget yah?"
"Heemm... Huaaaaa"
"Ibuk tahu adek pengen banget makan eskrim, tapi sekarang kan adek lagi sakit. Kalo sakitnya ngga sembuh-sembuh gimana? Adek pengen sembuh ngga?"
"Huaaaa..."
"Ntar kalo dah sembuh kan bisa beli eskrim lagi"
"Pengen cembuhh... Huhuhu"
"Nah, kalo gitu beli eskrimnya besok lagi yah. Nunggu adek sembuh dulu."
"Heem..."
"Cup cup... Sini ibuk peluk.."
Dan, tangisnya pun mereda.

Untuk bisa ada di tahapan sekarang ini, prosesnya ngga sebentar yah moms. Awalnya Rayyan masih tantrum. Ngamuk-ngamuk dan nangis kejer kalo keinginannya ngga diturutin. Tapi ibuk kasih pengertian pelan-pelan. Alhamdulillah sekarang mulai paham kalo nggak semua keinginannya ngga bisa terwujud saat itu juga.

Ini penting banget untuk diajarin ke anak, ia harus paham bahwa suatu saat nanti ketika ia dewasa, semesta tak bisa selalu sesuai dengan apa yang diinginkannya. 

You May Also Like

0 comments

Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. ALhamdulillah