Menerima Diri Sendiri

by - 11:58 AM


Kita tidak pernah tahu bagaimana proses seseorang untuk berubah menjadi lebih baik setiap harinya. Kita tidak pernah tahu bagaimana seorang pendosa berusaha keras untuk memaafkan dirinya sendiri yang lalai di masa lalu. Bagaimana ia dengan bahu bergetar menangis memohon ampun pada Allah atas dosa-dosa yang ia lakukan. Kita pun tak pernah tahu, seberapa besar upayanya untuk menerima masa lalunya demi melanjutkan hidup.

Aku pernah, menyalahkan keadaaan ketika semesta tak memihak kemauanku. Saat aku merasa diabaikan, aku terus bergelung dalam pikiran negatif yang terus menggangguku. Meraung-raung minta dibebaskan. Hingga aku lelah menahan semuanya, dan tangislah menjadi satu-satunya jalan untukku meluapkan apa yang aku rasa.

Terkadang, menangis bukanlah pertanda bahwa kita lemah. Menangis bisa menjadi sebuah jalan agar hati kita bisa lebih lapang. Kemudian bisa memandang masalah dari sisi yang lain. Hidup memang bukan semata tentang diri sendiri saja. Namun dari diri sendiri lah hidup kamu akan memberi dampak negatif atau positif bagi orang lain. So, keep yourself good.

You May Also Like

0 comments

Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. ALhamdulillah